oleh

Tingkatkan Kualitas Tanaman Padi, Babinsa Madiun Dampingi Petani Dalam Pemupukan

Madiun – Babinsa Koramil 0803/10 Pilangkenceng, Kodim 0803/Madiun, Serka Maskur melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan milik Bapak Nur Sejati, Poktan Tani Makmur, Desa Ngengor, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Kamis (23/1/2020).

Serka Maskur mengatakan, pemupukan tanaman padi varietas Ciherang berumur kurang lebih 7 hari milik Bapak Nur Sejati ini menggunakan pupuk urea yang memiliki kandungan nitrogen yang sangat diperlukan tanaman padi pada masa pertumbuhan.

“Pemupukan yang teratur harus dilakukan saat tanaman padi mulai berusia tujuh hari setelah tanam, kemudian saat padi berumur dua puluh hari dan tiga puluh hari. Demikian pula, dengan penggunaan jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat dan benar, termasuk waktu pemupukan harus tepat pula,” terangnya.

“Pemupukan ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nantinya sehingga diharapkan ketahanan pangan dan pendapatan petani akan bertambah serta program swasembada pangan yang digalakkan oleh pemerintah akan terwujud,” jelas Serka Maskur.

“Selain pemupukan, diperlukan juga perawatan tanaman padi, melalui pembersihan gulma dan rumput liar secara terjadwal, pengecekan hama dan penyakit tanaman serta pengairan yang cukup disesuaikan dengan umur tanaman,” tandasnya.(arifs)

News Feed