oleh

Tanamkan Cinta Tanah Air, Ratusan Warga Desa Hadiwarno Ikuti Wawasan Kebangsaan

Pacitan – Sebanyak 100 orang warga di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan mengikuti penyuluhan wawasan kebangsaan dari Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/07 Ngadirojo, Kodim 0801 Pacitan, Senin (30/12/2019).

Dalam paparannya, Danramil 0801/07 Ngadirojo, Kapten Sarwono selaku pemateri menyampaikan, dengan mengambil tema ‘NKRI Harga Mati’ wawasan kebangsaan ini guna menumbuhkan jiwa nasonalisme dan cinta kepada tanah air Indonesia.

“Selain itu, sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Danramil, di Balai Desa Hadiwarno, Senin siang.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut untuk melihat kembali sejarah nusantara dari masa ke masa. Baik mulai jaman kerajaan nusantara seperti Sriwijaya dan Majapahit maupun pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Menurutnya, kemerdekaan yang telah diraih itu merupakan sebagai jembatan emas yang harus diisi oleh seluruh warga negara Indonesia dengan pembangunan di berbagai bidang.

“Termasuk membangun manusianya, jiwa dan karakternya, baik melalui pendidikan agama atau kerohanian, kedisiplinan, pendidikan bela negara, juga melalui penyuluhan wawasan kebangsaan, dan sebagainya,” terangnya.

Sarwono menambahkan, agar NKRI tetap utuh dan jaya, maka kesadaran berbangsa dan bernegara serta persatuan dan kesatuan harus diperkokoh. “Dimulai dari lingkup terkecil seperti keluarga, lingkungan, dusun, desa kecamatan, dan seterusnya. Sehingga, tidak mudah terpecah belah dan diadu domba,” pungkasnya. (marji)

News Feed