oleh

Petugas Koramil dan Polsek Pucanglaban Bersinergi Patroli Cegah Karhutla

Tulungagung – Serma Winarto petugas piket Koramil 0807/19 Pucanglaban bersama anggota Polsek Pucanglaban bersinergi melaksanakan patroli kelilingi kawasan hutan di wilayah Pucanglaban guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu (22/09/2019).

Menurut Serma Winarto, kegiatan patroli TNI dan Polisi ini penting dilakukan sebagai tindakan preventif agar tidak terjadi kebakaran hutan mengingat musim kemarau masih menghiasi hari-hari di wilayah Kabupaten Tulungagung. Petugas gabungan TNI Polri memberikan himbauan kepada warga yang sedang beraktifitas di lahan perkebunan mereka untuk ikut menjaga keamanan hutan dan jangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran yang dapat membahayakan keselamatan jiwa, juga menimbulkan kerugian bagi negara maupun masyarakat sekitar hutan.

“Jangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran. Pembakaran hutan dan lahan merupakan pelanggaran pidana.” ungkap Serma Winarto.

Kegiatan patroli seperti ini sesuai dengan tiga konsep dasar fungsi dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yaitu Pencegahan, Pemadaman dan Penangganan Pasca Kebakaran. Patroli merupakan salah satu bagian dari konsep pencegahan yang dianggap paling ampuh oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada saat ini.(ww@h/hrm)

News Feed