oleh

Perbaiki Ekonomi, Anggota TNI Blitar ini Rela Pelihara Kambing dan Jualan Kue

Berbekal ilmu pengetahuan diperolehnya saat pelatihan kepada para babinsa yang diadakan oleh tim dari Dinas Peternakan Blitar yang bekerjasama dengan Kodim 0808 Blitar beberapa waktu yang lalu. Serda Salekan berhasil mengembangkan ilmu yang didapatnya dengan beternak kambing etawa.

Lewat tekadnya yang kuat Serda Salekan kini dapat memelihara beraberapa ekor kambing peranakan etawa yang dulunya dibeli dari hasil pinjaman ke Koperasi Kodim 0808/Blitar. Menurutnya butuh kesabaran dan ketelatenan dalam memelihara kambing etawa.

“Dulu pertama kali saya hanya mampu membeli kambing indukan betina sebanyak dua ekor. Alhamdulillah kini berkembang semakin banyak dan itupun sebagian sudah ada yang terjual untuk mencukupi kebutuhan hidup,” ujar Serda Salekan saat kami temui di kandang kambingnya, Senin (10/12/18).

Setiap hari sepulang berkerja, ia selalu membersihkan seluruh kandangnya dan mencari rumput yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan rumahnya.

Di samping itu, Serda Salekan juga berjualan kue buatan isterinya yang dititipkan kepada tetangganya. Ia menuturkan, kalau ingin maju janganlah pernah malu untuk berusaha, yang penting halal apa yang dilakukan itu.

Dengan kegigihannya itu, Serda Salekan kesehariannya yang berdinas Koramil 0808/20 Sananwetan, kini berhasil menyekolahkan putri pertamanya untuk mengenyam pendidikan di Universitas Negeri Jember.

Terkait itu ia mengatakan, sebenarnya gaji dari TNI yang diterimanya sudahlah cukup, akan tetapi namanya kebutuhan akan terus bertambah dikaitkan tuntutan jaman sekarang ini. “Maka dari itu saya berusaha putar haluan bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil tambahan selain dari gaji,” ungkapnya.

Suami dari Tri Wahyuni ini menceritakan, apa yang ia capai sekarang ini bukanlah merupakan usaha yang mudah. “Di awalnya banyak rintangan atau tantangan dalam beternak etawa ini, namun saya selalu berupaya berkomunikasi dengan petugas dari Dinas Peternakan,” kata Alex sapaan akrab Serda Salekan.

Di akhir perjuampaan kami, Serda Salekan yang merupakan abituren Tamtama 1992 berpesan, agar kita tidak lupa untuk selalu berdoa dan mendekatkan diri pada yang Tuha Yang Maha Esa, agar kita selalu diberikan yang terbaik dan senantiasa dalam lindungannya.

News Feed