oleh

Pemulihan Sumber Air Kali Maron,Kasdim 0801 Pacitan Ikuti Tanam Pohon

Pacitan – Menyelematkan hutan, cegah kebakaran, dan kelestarian, serta pulihkan lahan membangun masa depan, merupakan tema yang diambil pada kegiatan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS) dan konservasi pemulihan sumber air Kali Maron yang dilaksanakan, Kamis (19/12).

Acara ini dibuka oleh Bupati Pacitan Indartato. Pada kesempatan tersebut, bupati juga menerima bibit pohon secara simbolis dari BPDAS Solo dan diteruskan kepada seluruh camat, perwakilan kepala desa, dan kelompok penyuluh kehutanan.

“Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan melindungi sumber air dan melestarikannya demi memenuhi kebutuhan air,” ujar Indartato.

Ia berharap agar hutan di Pacitan bisa lebih hijau royo-royo. “Agar bisa mendapatkan sumber air yg jernih dan kerindangan hutan yang menjadikan hutan kita asri dan bermanfaat,” tandasnya.

Sementara Camat Punung Achamd Taufan mengatakan, selama ini sumber air yang ada di sungai Maron merupakan satu-satunya yang menjadi andalan masyarakat di Kecamatan Punung. Bahkan, sumber air Sungai Maron juga dimanfaatkan masyarakat di Jateng. “Sumber air maron ini dalam sehari diambil sekitar 40 tangki untuk disalurkan ke seluruh masyarakat yang kekurangan air di wilayah barat,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR, Edy Junan Achmadi pada kesempatan yang sama menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan memulihkan kembali saluran air sungai atau sumber air guna memenuhi kebutuhan air di saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini.

“Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pacitan menggencarkan penanaman pohon konservasi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan guna menjaga sumber air agar tetap mengalir dan mengurangi kekeringan di seluruh wilayah. Jumlah tanaman pohon produktif maupun konservasi yang telah diberikan kepada seluruh dinas dan masyarakat sebanyak 104.408 batang pohon produktif dan 1523.969 batang tanaman konservasi dengan jumlah total 1.628.377 batang,” timpalnya.

Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedy Anugrhan saat di temui di lokasi tersebut mengatakan”kita semuanya harus menjaga serta merawat kelestarian sumber air ini  tetap terpelihara,agar masyarakat khususnya di kecamatan Punung terus bisa memanfaatkanya.Pohon yang sudah ditanam nantinya sangat bermanfaat untuk menjaga sumber air,juga untuk memperkuat konstur tanah tidak mudah tergerus air di saat musim hujan”jelas Kasdim.(marji)

News Feed