oleh

Menahan Perkembangan Hama, Babinsa Desa Jabon Bantu Petani Semprot Pestisida

Tulungagung – Babinsa Desa Jabon Kopka Agus S anggota Koramil 0807/08 kalidawir Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian bersama Kelompok Tani Makmur melaksanakan penyemprotan insektisida di lahan bapak Yono Desa Jabon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Jumat (02/08/2019).

Agar tanaman padi dapat tumbuh maksimal dan subur serta terhindar dari serangan hama penyakit diperlukan perawatan yang intensif. Perawatan tanaman padi ini merupakan tahapan yang harus dilalui oleh para petani.

Perawatan tanaman padi ini harus dilaksanakan secara maksimal dengan berbagai cara seperti pemberian pupuk secara berkala, menyemprot hama penyakit, menyiangi rumput liar atau gulma dan kegiatan lainnya. Hal ini penting dilakukan agar saat masa panen tiba dapat menghasilkan gabah yang memuaskan dan diharapkan pencapaian swasembada pangan dapat terwujud.

Menurut Kopka Agus, penyemprotan menggunakan insektisida ini dilakukan untuk mengendalikan hama ulat daun padi yang di kalangan petani dikenal sangat mengganggu, bahkan tak jarang jika dibiarkan dapat menyebabkan gagal panen. Kegiatan akan sangat efektif apabila insektisida terkena atau kontak langsung dengan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) sasaran.

“Penyemprotan dengan insektisida ini untuk mengendalikan hama ulat daun dan organisme pengganggu lain yang sangat efektif jika terkena langsung dengan sasaran.” tutup Kopka Agus.(ww@h/hrm)

News Feed