oleh

Kodim 0806 Trenggalek Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Trenggalek –  Sebagai wujud persiapan dan kesiapan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, Kodim 0806 Trenggalek bersama Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Polres Trenggalek menggelar Apel Bersama Gelar Pasukan dan Perlengkapan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi.

Apel di gelar di Alun-alun Trenggalek tersebut diikuti oleh ribuan peserta lintas intansi dan stakeholder terkait kebencanaan baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, BPBD, TRCPB, Tagana, Linmas hingga organisasi masyarakat.

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos, Wakapolres Kompol Wiji Rahayu, S.H. dan Assisten 1 Pemkab Trenggalek Sugeng Widodo,S.H.,M.Si.

Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos, dalam amanatnya menegaskan, Apel Kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi apabila terjadi bencana hidrometeorologi.”Semua pihak harus menyadari memang bencana alam tidak dapat ditolak, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana upayauntuk dapat meminimalisir dampak yang akan mungkin terjadi akibat bencana alam atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” tandas Dandim Trenggalek.

Senada, Kompol Wiji Rahayu menuturkan, pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek telah membentuk Satgas bencana baik ditingkat Polres maupun Polsek jajaran yang bisa digerakkan sewaktu-waktu untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

Sedangkan Assisten 1 Pemkab Trenggalek menekankan tentang pentingnya kesadaran dan tanggungjawab bersama dalam penanganan bencana alam utamanya terkait dengan keselamatan dan mitigasi bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan apel melakukan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan pengecekan sejumlah peralatan maupun kendaraan operasional yang disiapkan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Trenggalek.(fr)

News Feed