oleh

Kendalikan Serangan Hama, Babinsa Klagenserut Dampingi Poktan Penyemprotan Insektisida

Madiun – Babinsa Klagenserut Koramil 0803/04 Jiwan, Kodim 0803/Madiun Serda Nurjain turun langsung memantau dan mendampingi petani laksanakan penyemprotan tanaman padi di Desa Klagenserut Kec. Jiwan Kab. Madiun, Jum’at (27/9/2019).

Kali ini Babinsa turut serta ke sawah untuk gencar menyemprot tanaman padi. Kegiatan itu bertempat di lahan milik Katemin (60) warga RT 09 RW 02, Desa Klagenserut, Kec. Jiwan, Kab. Madiun.

Serda Nurjain mengatakan, penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat maupun wereng. “Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. “Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin,” tutur Babinsa Klagenserut.

“Dengan penyemprotan yang porposional, hama atau penyakit yang menyerang tanaman akan mati ketika hama memakan bagian tanaman tersebut. Dan waktu yang tepat adalah pagi hari hingga jam 09.00 dan sore hari mulai dari jam 15.30  hingga jam 17.00,” imbuhnya.

“Gunakanlah dosis sesuai dengan yang dianjurkan oleh PPL, jangan mengurangi atau menambah dosis. Sebab dosis yang kurang bisa berakibat fatal, hama atau penyakit tanaman tidak mati,” pungkas Serda Nurjain.(arifs)

News Feed