oleh

Jaga Kesehatan Tanaman Jagung, Serka Hari Wibowo Dampingi Petani Lakukan Monitoring Tumbuh Kembang

Tulungagung – Babinsa Desa Rejoagung Serka Hari Wibowo anggota Koramil 0807/03 Kedungwaru Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan kepada Poktan Tani Makmur dengan monitoring tumbuh kembang tanaman jagung dalam rangka persiapan panen di lahan Bapak Sumarwi Dusun Sukorejo Desa Rejoagung Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (17/11/2019).

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan dalam upaya untuk mewujudkan swasembada jagung. Para petani tidak ingin kecolongan akan hama walang sangit yang merusak tanaman khususnya menjelang masa panen dengan monitoring yang rutin. Hal ini dilakukan sebelum fase pengisian bulir seperti saat ini hingga pemasakan bulir karena walang sangit biasa menyerang dengan cara menghisap cairan tangkai bunga.

Menurut Serka Hari Wibowo, pendampingan tersebut merupakan upaya khusus dalam mendukung tercapainya swasembada pangan khususnya tanaman jagung. Dengan monitoring yang rutin dapat menjaga kesehatan tanaman jagung dari serangan walang sangit. Ia menegaskan bahwa para petani berkomitmen untuk mengusir hama walang sangit sekecil apapun di sekeliling rumpun tanaman jagung di ladang.

“Para petani sepakat sekecil apapun bentuknya, walang sangit harus diusir karena berbahaya bagi produksi jagung pada masa panen.” ungkap Serka Hari Wibowo.

Dengan adanya pendampingan kepada para petani, Babinsa berharap hasil panen jagung di wilayah Kecamatan Kedungwaru khususnya Desa Rejoagung dapat memuaskan saat masa panen nanti sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.(w@h/hrm)

News Feed