oleh

Danrem 081/DSJ Dampingi Mentan Kunjungi Pabrik Porang di Madiun

Madiun(dsj) – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi pabrik pengolahan porang PT Asia Prima Konjac di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/7/2021).

Setibanya di sana Mentan disambut oleh Dirut PT Asia Prima Konjac, Revie Christianto Gozali, Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Yoyok Bagus, Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, dan Bupati Madiun, Ahmad Dawami.

Kepada Mentan, Dirut PT Asia Prima Konjac menjelaskan di pabrik miliknya itu porang diolah menjadi chip dan tepung untuk dijadikan sebagai bahan olahan makanan dan campuran bahan kosmetik.

”Sedangkan untuk ekspornya di antaranya ke China, Jepang, dan Korea,” ungkapnya kepada Mentan saat tengah berkeliling meninjau pabrik porang miliknya itu.

Sementara itu, Mentan menjelaskan terkait kunjungannya yang dilakukan itu adalah untuk meninjau kesiapan pangan secara nasional yang dinilainya sangat baik. ”Dari data yang ada kesiapan pangan kita masih yang terbaik,” katanya dalam keterangan pers.

Untuk itulah, berdasarkan data tersebut Mentan berupaya melihat secara langsung kondisi konkritnya di lapangan.

Karena menurutnya, Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan Kementan untuk selalu berada di lapangan guna mendampingi para petani dan seluruh proses-prosesnya terkait masalah pertanian.

Mengenai porang, Mentan juga menyampaikan keingingan dari Presiden agar porang dapat dijadikan komoditi pertanian unggulan baru dan dapat diproses menjadi beras porang.

Ditemui secara terpisah, Danrem mengatakan jika jajarannya saat ini terus bergerak untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan membantu dan melakukan pendampingan terhadap para petani.

”Babinsa-Babinsa kami selalu siap dan aktif melakukan pendampingan mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanaman, perawatan, bahkan hingga proses panennya,” terangnya di lokasi.(arw/ags)

News Feed