oleh

Dandim Madiun Dampingi Tim Penilai Dari Sterdam, Kunjungi Posko PPKM Mikro

Madiun(dsj) – Dalam upaya menekan dampak dari pandemi Covid-19, Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles yang didampingi Pabung Mayor Arm Wahyu Susilo, menyambut kunjungan tim penilai posko PPKM berskala mikro dari Sterdam V/Brw. Adalah Waaster Kasdam V/Brw Letkol Inf Adiarso, A.M.d., yang mempimpin tim penilai dari Sterdam, Sabtu (20/02/2021).

Kriteria lomba yang dilakukan secara berjenjang ini meliputi beberapa aspek penting diantaranya yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Saat mendampingi tim penilai Dandim menyatakan, bahwa pembentukan posko PPKM berskala mikro ditingkat desa atau kelurahan sangat diperlukan, sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran.

“Jadi posko PPKM mikro di tingkat desa atau kelurahan ini, difungsikan sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi penanganan Covid-19 dalam skala mikro, supaya dapat menentukan tindakan pengendalian yang tepat,” ungkap Dandim.

Pembentukan posko PPKM berskala mikro yang dipimpin oleh kepala desa atau lurah serta berkordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini, mempunyai tugas untuk menilai status zona wilayahnya, tentunya dengan didukung oleh komponen masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tenaga kesehatan, relawan, dan karang taruna.

“Hasil penilaian zonasi akan menentukan tindakan dan pengendalian yang tepat, sesuai kriteria zonasi yang terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah. Selanjutnya  akan dilaporkan kepada posko satu tingkat diatasnya secara berjenjeng hingga ke tingkat provinsi dan tingkat pusat,” pungkas Dandim.(andik)

News Feed