oleh

Cegah Longsor, Danrem 081/DSJ Bersama Ratusan Pesilat Tanam Vetiver

Nganjuk(dsj) – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki, S.E., M.Si. bersama ratusan pesilat dan masyarakat menanam vetiver di Desa Duren, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020).

Danrem mengutarakan tujuan dari menanam vetiver adalah untuk mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor.

Karena menurut Danrem, vetiver akarnya bisa mencapai 3-6 meter yang mampu menguatkan struktur tanah agar tidak longsor.

Di samping itu, Danrem mengungkapkan bahwa, akar vetiver juga bisa disuling yang nantinya dapat dimanfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi untuk digunakan sebagai obat dan kosmetik.

Sedangkan terkait pemilihan lokasi di Desa Duren untuk ditanami vetiver, Danrem menilai struktur tanah di tempat tersebut sangat rawan terjadinya bencana alam tanah longsor.

Dan yang terpenting bagi Danrem, hendaknya kita dapat sama-sama untuk menjaga alam, agar alam juga akan menjaga kita, supaya terhindar dari adanya bencana alam yang tidak diinginkan.

Selain di Nganjuk, di jajaran Korem 081/DSJ juga dilakukan penanaman vetiver lainnya, seperti di Ponorogo dan Pacitan, yang kesemuanya merupakan daerah rawan terhadap terjadinya bencana alam, khususnya tanah longsor.

Turut dalam penanaman vetiver tersebut antara lain Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hendro Djoko Sudarsono dan segenap Forkopimda lainnya.(arw)

News Feed