oleh

BABINSA KORAMIL BALONG BERI PELATIHAN PBB DAN WASBANG DI SEKOLAH

PonorogoSebagai satuan komando kewilayahan, Kodim 0802/Ponorogo senantiasa memberikan yang terbaik buat semua masyarakat di wilayah Ponorogo. Seluruh personil, terutama para Babinsa diharapkan tanggap dan jeli terhadap segala perkembangan dan situasi di wilayah binaan. Seperti pada bulan Juni sekarang ini adalah awal tahun pelajaran baru bagi peserta didik yang baru masuk sekolah dan diwajibkan untuk mengikuti masa pengenalan terhadap lingkungan sekolah yang akan dimasuki.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kodim 0802/Ponorogo melalui Koramil jajaran turut berpartisipasi dan berperan aktif pada pelaksanaan masa pengenalan siswa baru tersebut.

Salah satu contoh yaitu Koramil 0802/09 Balong, hari ini menunjuk dua anggota, yakni Serma Sumaji dan Serka Puguh untuk memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di MA. Darul Istiqomah Desa Sumberejo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.(22/06/19)

Serma Sumaji, selaku tertua pada pelatihan tersebut menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan adalah sebagai orientasi atau adaptasi bagi para siswa – siswi baru terhadap lingkungan sekolah, ” Pelatihan PBB dan Wasbang bagi siswa baru di MA. Darul Istiqomah ini merupakan ajang orientasi dan adaptasi bagi para siswa – siswi terhadap lingungan sekolah disini. Saya bersama Serka Puguh, mendapat kepercayaan dari pihak sekolah untuk memberikan materi PBB dan Wawasan Kebangsaan, ” kata Serma Sumaji di lokasi latihan lapangan Sumberejo, Balong.

Pada pelatihan baris berbaris, sebelum kegiatan praktek di lapangan, baik Serma Sumaji maupun Serka Puguh keduanya memberikan pelajaran teori tentang latihan dasar PBB antara lain gerakan ditempat,  berjalan maupun tata cara penghormatan yang benar.

Selanjutnya pada materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Serma Sumaji dan Serka Puguh mengajak para peserta pelatihan untuk bisa memahami dan mengamalkan tentang nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga para siswa diharapkan memiliki perilaku sebagai bangsa Indonesia sejati, yaitu bangsa yang toleran, saling menghormati,  cinta tanah air dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Pelatihan PBB dan Wawasan Kebangsaan di MA. Darul Istiqomah yang digelar di lapangan Semberejo, Kecamatan Balong diikuti oleh 65  siswa – siswi baru. Pak Kusno Spd. Selaku kepala MA. Darul Istiqomah memberi apresiasi dan terimakasih kepada aparat TNI, khususnya Koramil Balong yang telah bersedia memberikan materi PBB dan Wawasan Kebangsaan melalui para Babinsanya.(22/06/19)(mdc0802)

News Feed